Warga Antusias Ikut Program Pelayanan Jempol

Untitled-1

MEDAN – Warga yang sudah lama tinggal di Kecamatan Medan Amplas ternyata masih ada yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hal ini diketahui ketika pelaksanaan program pelayanan Jemput Bola (Jempol) yang digagas Kecamatan Medan Amplas di Pos Kamling terletak Jalan Bendungan Simpang Puskesmas, Kelurahan Bangun Mulia, Sabtu (8/10).

“Sewaktu pelaksanaan program pelayanan Jempol di Jalan Bendungan, Kelurahan Bangun Mulia masih ada warga yang datang ingin mengurus KTP, tapi mereka tidak memiliki dokumentasi,” kata Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi kepada wartawan, Minggu (9/10).

Oleh karena itu, Zulfakhri mengakui akan segera berkordinasi dengan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Medan. Sebab, pihaknya tidak bisa begitu saja mengeluarkan KTP tanpa adanya dokumen pendukung.

“Memang benar mereka sudah lama tinggal disana, kepala lingkungan (kepling) membenarkan keberadaan mereka. Cuma tidak ada dokumen pendukung, seperti surat pindah, KTP sebelumnya maupun KK,” tambahnya.

Lebih lanjut, ayah tiga anak ini menyampaikan dalam pelaksanaan pertama program Jempol tersebut berjalan lancar. Terlihat cukup banyak warga yang datang untung mengurus kependudukan dan datang sekedar bertanya.

“Ada sebanyak 60 orang mengurus pergantian dan pembuatan Kartu Keluarga (KK), 1 pindah keluar KK, 2 pindah masuk KK, 5 resi KTP, dan banyak juga yang datang untuk bertanya tentang pengurusan administrasi kependudukan,” sebutnya.

Untuk itu, Zulafakhri menghimbau kepada seluruh warga Medan Amplas agar dapat segera memperbaharui dan urus data kependudukan. Pasalnya,  KTP adalah data awal identitas diri warga.

“Program Jemput bola yang khusus dilaksanakan di setiap hari Sabtu digilir di kelurahan lokasi berbeda mulai dari Pukul 10.00 WIB-15.00 WIB. Tujuannya untuk memudahkan warga mengurus adminitrasi kependudukan karena selama. Perlu saya sampaikan program ini gratis,”katanya.

Sabtu (15/10) nanti pelaksanaan pelayanan Jempol akan dilakukan di di Jalan Pengilar, Kelurahan Medan Amplas. Program ini sesuai dengan intruksi Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin untuk memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat serta membangun Kota Medan bersama warga.

Sementara itu, Lurah Bangun Mulia, Medan Amplas, Rasyid Tarigan yang ikut dalam pelayanan tersebut menyebutkan pihaknya terus berusaha memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Apapun ceritanya kita dari Kelurahan Bangun Mulia akan membuat warga senang terhadap pelayanan yang diberikan seperti melalui program Jempol ini,”katanya.

Sementara itu, salah satu warga Kelurahan Bangun Mulia, Kecamatan Medan Amplas Junita  Tarigan mengaku puas dengan adanya program Jempol yang dilaksanakan Kecamatan Medan Amplas. “Kita sangat puas dengan program Jempol ini. Pasalnya, kita tidak perlu lagi repot dapat kekantor kecamatan. Cukup disini semua urus sudah dilaksanakan,”katanya. (TMA)