Peserta MTQ Kecamatan Amplas Meningkat Terus

p

MEDAN- Peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Medan Amplas dalam waktu tiga tahun belakangan ini terus mengalami peningkatan. Hal ini mencerminkan kegiatan keagamaan yang digelar setiap tahun tersebut sudah semakin diminati masyarakat.

“Alhamdulillah, peserta MTQ (tingkat kecamatan) mengalami peningkatan setiap tahunnya. Padahal sejak tahun lalu, peserta yang ikut harus murni warga Medan Amplas,” kata Camat Medan Amplas Zulfakhri Ahmadi saat membuka kegiatan MTQ Ke-50 tingkat Kecamatan Medan Amplas di Gedung Serba Guna Aula Ismail Putra, Jalan Garu III, Kamis (16/2).

Adapun peserta yang ikut bersaing dalam MTQ tahun ini ada 86 qori dan qoriah, sedangkan tahun 2016 sekitar 76 qori dan qoriah. Pada 2015 hanya sekitar 61 qori dan qoriah. Peningkatan ini karena diberlakukannya persyaratan bahwa peserta harus penduduk Medan Amplas sehingga sangat mendorong bertambahnya peserta qori dan qoriah dalam MTQ tersebut.

Dia mengakui selain peserta yang asli warga Medan Amplas, dewan hakim atau juri dalam perlombaan tersebut juga dari Medan Amplas. Tahun ini, lanjut Zulfakhri, pelaksanaan MTQ tingkat kecamatan dilakukan lebih matang. Mereka yang menjadi juara akan diutus sebagai peserta MTQ tingkat Kota Medan. Seperti diketahui, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Medan tahun ini akan dilakukan di Kecamatan Medan Amplas.

“Kita tahun ini sebagai tuan rumah MTQ tingkat Kota Medan. Maka kita melakukan persiapan dengan matang,” katanya. Meski sebagai tuan rumah, Zulfakhri mengakui tidak begitu menargetkan sebagai juara umum. Ia justru lebih memprioritaskan peserta yang bertanding dari warganya sendiri sebagai bukti kegiatan magrib mengaji yang digagas Pemerintah Kota (Pemko) Medan ada dan termotivasi.

Di depan Danramil Medan Amplas, Ketua BKM Masjid se- Kecamatan Medan Amplas, karang taruna, perwiridan, Kepala KUA Kecamatan Medan Amplas, dan Lurah se-Kecamatan Medan Amplas, Zulfakhri mengingatkan para peserta agar terus berlatih walaupun sudah keluar sebagai juara nantinya. Bahkan yang belum juara, Zulfakhri mengingatkan agar tetap mengasah kemampuannya.

“Jangan pernah lelah untuk terus berlatih dan belajar. Nanti event MTQ di tingkat kota kita harus mempersiapkan diri dengan baik karena ini membawa nama Kecamatan Medan Amplas,” katanya. Sementara Kepala KUA Medan Amplas, Ali Sahra Hutapea, mengharapkan MTQ tingkat kecamatan ini bisa memotivasi anak-anak di Medan Amplas untuk belajar membaca Alquran dan memahaminya.

Kepada orang tua anak, kata Ali, diminta mendukung anak-anaknya mengaji, termasuk kegiatan magrib mengaji untuk menciptakan insan yang cinta terhadap Alquran. “Kegiatan ini tidak hanya seremonial belaka, tapi bagaimana bisa memotivasi anakanak kita lebih cinta terhadap Alquran. Kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya harus benar-benar memberi manfaat bagi kita,” pungkasnya (TMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *