Medan Amplas Juara Tiga Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut 2016

MEDAN – Kecamatan Medan Amplas  keluar sebagai juara ketiga Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2016.  Selain tropi dan piagam, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) juga memberikan uang dana pembinaan yang diserahkan langsung Gubsu T Erry Nuradi kepada Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi disaksikan Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin S beserta perwakilan Bupati/Wali Kota se-Sumut.

Prosesi penyerahan penghargaan ini berlangsung dengan penuh khidmat melalui upacara Penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut di Lapangan SMA 1 Tanjung Morawa Jalan Arteri Kuala  Namu, Deli Serdang, Selasa (20/12). Untuk juara pertama diraih Kecamatan Tanjung Morawa (Kabupaten Deli Serdang), sedangkan tempat kedua disabet Kecamatan Tanjung Balai Selatan (Kota Tanjung Balai).

Sebelumnya Kecamatan Medan Amplas bersama lima kecamatan lainnya yakni Kecamatan Tanjung Morawa, Tanjung Balai Selatan, Kecamatan Lotu (Kabupaten Nias Utara), Kecamatan Saur Matinggi (Kabupaten Tapsel) dan Kecamatan Binjai (Kabupaten Langkat) masuk enam besar. Selanjutnya  keenam kecamatan ini saling bersaing mendapatkan predikat sebagai juara pertama Kecamatan Terbaik  Tingkat Provinsi Sumut 2016.

Pemilihan kecamatan terbaik ini merupakan program rutin Pemprov Sumut yang digelar setiap tahunnya. Tujuannya untuk mendorong 436 kecamatan se-Sumut untuk meningkatkan kinerja, terutama memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Inti kegiatan ini, kita mengevaluasi kinerja camat dalam praktik pelayanan publik,” kata Gubsu.

Oleh karenanya, kata Gubsu,  peran kecamatan akan terus dioptimalkan sehingga memberikan benar-benar pelayanan terbaik kepada masyarakat. Jadi melalui pemilihan kecamatan terbaik ini, diharapkan menjadi momen peningkatan kinerja untuk lebih baik lagi pada masa mendatang. Oleh karenanya, saya berharap kepada Bupati dan Wali Kota agar memberikan perhatian lebih kepada camat yang keluar sebagai pemenang.

Di samping itu mantan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) ini menyampaikan sejumlah pesan yang wajib dilaksanakan Bupati, Wali kota maupun camat se-Sumut. Selain wajib membangun manajemen pelayanan publik, juga melakukan evaluasi program administrasi pelayanan terpadu kecamatan. Lalu peningkatan UMKM yang dapat diwujudkan dengan percepatan pedelegasian Bupati/Wali Kota kepada camat untuk pengurusan izin.

Sementara itu, Wali Kota Medan, T Dzulmi Eldin S MSi sangat mengapresiasi keberhasilan Kecamatan Medan Amplas sebagai juara ketiga Kecamatan Terbaik Sumut 2016 tersebut. Meski belum mampu meraih juara pertama namun keberhasilan itu dinilainya dapat memotivasi dan memacu semangat sang camat selaku lini terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam melaksanakan amanah dan tugas dari pemerintah.

“Saya berharap apa yang diperoleh ini semakin mendorong camat untuk meningkatkan kualitas kerja sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan sumber daya dalam melayani masyarakat. Sebagai abdi negara sekaligus pelayan masyarakat, kita harus memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat,” kata Eldin.

Selanjutnya, Eldin pun berharap agar keberhasilan yang diraih Camat Medan Amplas ini mengilhami sekaligus menjadi spirit bagi camat lainnya untuk berbuat dan bekerja lebih baik lagi dalam melayani masyarakat. Eldin  yakin dengan memberikan pelayan terbaik, masyarakat pasti mendukung seluruh program yang dijalankan.

“Kalau tahun ini kita juara ketiga, insya Allah dengan kemauan dan kerja keras yang kita lakukan, tahun depan kita bisa meraih juara pertama. Kata kuncinya, hanya kemauan dan ikhlas dalam melayani serta terus menjalin kebersamaan dengan seluruh perangkat kecamatan, termasuk membangun jembatan hati dengan masyarakat. Di samping itu terus berkerasi dan berinovasi untuk menghasilkan yang terbaik,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi mengaku sangat bangga dengan keberhasilan yang diraihnya tersebut. Selain dukungan penuh seluruh perangkatnya beserta masyarakat Medan Amplas, keberhasilan itu tidak lepas dari bimbingan yang terus diberikan Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin, termasuk Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani yang selalu memberikan arahan dan masukan yang sifatnya membangun.

“Terima kasih atas arahan dan bimbingan yang selama ini diberikan Bapak Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin, termasuk Ketua TP PKK Kota Medan, Rita Maharani. Saya mengharapkan agar bimbingan itu terus diberikan. Selanjutnya keberhasilan ini saya persembahkan kepada seluruh masyarakat Medan Amplas. Inilah hasil bersamaan yang kita jalin selama ini.  Kepada seluruh jajaran Kecamatan Medan Amplas. Terima kasih atas kerja kerasnya selama ini. Jadikan ini motivasi bagi kita untuk bekerja lebih keras lagi,” pungkasnya. (TMA)

FOTO: Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin dan Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi foto bersama dengan jajaran Kecamatan Medan Amplas usai menerima piala penghargaan sebegai juara ketiga Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2016 di Lapangan SMA 1 Tanjung Morawa Jalan Arteri Kuala  Namu, Deli Serdang, Selasa (20/12).

FOTO: Wali Kota Medan T Dzulmi Eldin dan Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi foto bersama dengan jajaran Kecamatan Medan Amplas usai menerima piala penghargaan sebegai juara ketiga Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2016 di Lapangan SMA 1 Tanjung Morawa Jalan Arteri Kuala Namu, Deli Serdang, Selasa (20/12).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *