Camat Medan Amplas Juarai Lomba Masak Hut KORAN SINDO

MEDAN—Sebanyak 21 Camat sekota Medan mengikuti lomba memasak nasigoreng yang diselenggarakan oleh Koran Sindo Medan, di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (11/12). Setelah melalui penilaian yang dilakukan chef asal Hotel Santika Premiere Dyandra, Medan, Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi memenangkan lomba memasak nasigoreng tersebut.

Chef Juna Ginting menyebutkan, penilaian yang dilakukan berdasarkan penampilan, penyajian, display, kreatifitas, kecepatan waktu saat membuatnya dan kekompakan timnya. Jika dilihat dari displaynya, nasigoreng buatan Camat Medan Amplas sangat menarik. Berbentuk hati dan didampingi dengan makanan sampingan lainnya seperti, telur dadar, udang goreng dan timun.

“Lalu, ketika saya mencicipi nasigorengnya, rasa bumbunya kena sekali dilidah dan rasa mericanya terasa dilidag. Karena nasigoreng yang enak memang kalau memakai merica. Kemudian, dengan menggunakan macam-macam sampingan seperti dadar telur, udang dan timun,”sebutnya disela-sela kegiatan Hut Koran Sindo Medan, dilapangan merdeka, Medan, Minggu (11/12).

Menurutnya, tips untuk membuat nasi goreng yang enak, bumbu utamanya harus memakai bawang putih, baik dicampur dengan bumbu lainnya ataupun ditumis. Kemudian, nasi goreng harus kelihatan shining, mengkilat tapi tidak banyak minyaknya dan harus memiliki rasa aroma gosong sedikit.

“Nasi goreng inikan sebenarnya nasi putus harapan, karena awal-awalnya menu ini tercipta karena dicampur-campur yang penting ada nasinya, jadilah nasi goreng. Nah, nasi goreng ini yang penting ada bawang putihnya. Karena, bawang putih ini memang bumbu utamanya nasi goreng. Kemudian yang terpenting adalah bumbu seperti garam dan merica harus ada, karena dari situlah rasanya, tanpa memakai penyedap, sudah terasa. Jika ingin lebih melengkapi, bias menambahinya dengan kecap manis atau kecap asin dan daun prei,”tuturnya.

Sementara itu, Camat Kecamatan Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi mengaku, memasak baginya bukanlah hal yang baru baginya, tapi sudah sering dilakukan dirumah, terutama saat libur kerja dan anak libur sekolah.

“Memasak bagi saya bukan pekerjaan yang aneh bagi saya, karena sudah terbiasa saat libur kerja saya yang menyiapkan sarapan untuk anak-anak,”ucapnya.

Dikatakannya, ia memang memiliki hobi memasak sejak saat masih sekolah dan berlanjut saat kuliah di Bandung. Karena, saat itu ia jauh dari keluarga dan dituntut harus mandiri, termasuk masak. Selain memasak nasi goreng, ia juga ahli memasak makanan lainnya seperti, roti bakar, sandwich dan makanan lainnya.

“Saya hari ini sengaja buat nasi goreng cinta bentuk hati, artinya saya cinta keluarga dan cinta sindo. Dari dulu, saya sudah berlangganan Koran Sindo. Acara seperti ini, semoga kedepan Koran Sindo menjadi lebih baik,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, lomba memasak ini diikuti oleh 21 kecamatan sekota Medan. Dalam lomba memasak itu, juara pertama dimenangkan oleh Camat Medan Amplas, Zulfakhri Ahmadi, juara kedua diraih oleh Camat Medan Petisah Rakhmat Syahputra Harahap, juara ketiga Camat Medan Sunggal Pahri Matondang, juara harapan satu Camat Medan Denai Hendra Asmilan, juara harapan dua Medan Polonia, diwakili Sekcam Hidayat, harapan ketiga Medan Perjuangan Dedi Jaminsyah Putra Harahap diwakili Sekcamnya, Zul Ahyudin Solin. (Sumber: KORAN SINDO MEDAN)

img_4486

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *